Kamis, 22 September 2016

Perbedaan Array dan ArrayList

Java : Array & Array List

Array dapat dikatakan sebuah wadah yang menyimpan beberapa variabel dengan tipe data yang sama. Dalam post ini akan dibahas dua jenis array dalam Java yaitu array danarraylist. Perbedaan antara array dan arraylist adalah :

1. Array bersifat statis ukuran datanya tidak bisa berubah sesuai dengan saat pertama kali dibuat/definisikan. Arraylist ukuran datanya dimanis, ketika data di arraylist penuh dia bisa me-resize atau menyesuaikan dirinya sesuai dengan data yang dimasukkan. perlu diperhatikan ketika arraylist menyesuaikan dirinya, performa akan menurun karenaarraylist membuat array baru dan menyalin array lama ke array baru.

2.Array tidak bisa menggunakan generic sedangankan arraylist bisa menggunakan genericuntuk menjaga keamanan tipe data dalam array.

3. Array bisa menyimpan data primitive , sedangkan kita tidak bisa menyimpan dataprimitive ke arraylistArraylist hanya bisa mengandung data dari objectarray bisa mengandung data dari object serta primitive. Walaupun fungsi autoboxing Java 5 seakan akan kita memasukkan data primitive tetapi sebenarnya fungsi autoboxing Java 5 mengubah secara otomatis data primitive ke object.

Contoh program Java menggunakan array dan arraylist.

1. Array



2. ArrayList


0 komentar:

Posting Komentar

 

Education's Template by Ipietoon Cute Blog Design